Hindari Kecelakaan di Jalan Tol, Pengamat: Pengemudi Sebaiknya Istirahat Jika Sudah 2 Jam Nyetir

Kecelakaan di berbagai ruas jalan tol kerap terjadi. Terbaru, menimpa artis Vanessa Angel dan suaminya di Jalan Tol Jombang, Jawa Timur hingga meninggal dunia. Pengamat Transportasi Universitas Trisakti Yayat Supriyatna mengatakan, kondisi jalan tol memiliki perbedaan dengan jalan arteri biasa, di mana telah ditetapkan kecepatannya dan standar pelayanan minimalnya. "Jalan tol yang riskan yaitu jalan tol untuk jarak jauh. Jarak jauh ini artinya, persoalannya bukan pada kondisi jalan tol itu, tapi pada kondisi manusianya (pengemudi)," ujar Yayat saat dihubungi, Jumat (5/11/2021).

Menurutnya, ketika pengendara masuk jalan tol, maka kondisi kesehatan tubuhnya harus benar benar baik, apalagi berkendara jarak jauh maupun malam hari. "Jalan lebih dari 2 jam itu memerlukan konsentrasi penuh. Disarankan lebih dari 2 jam itu istirahat untuk memulihkan kondisi, tapi kadang kadang orang lalai, dipaksa cepat sampai," paparnya. "Jadi saya kira itu faktor utama yang mesti diperhatikan. Persoalan jalan tol bukan karena fisik jalan tolnya, tapi kesiapan fisik orang untuk berkendaraan di jalan tol, khususnya jalan jauh, malam hari," sambung Yayat.

Sebelumnya, Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah mengalami kecelakaan, hingga meninggal dunia. Mobil yang ditumpangi Vannessa Angel bersama keluarganya mengalami kecelakaan tunggal di Tol Jombang arah Surabaya KM 672 300.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.